Cara Memblokir Iklan Google Yang Tidak Pantas

Ini nih cara menghentikan munculnya iklan yang buruk atau tidak diinginkan di situs kita.Panduan ini akan membantu memblokir iklan tidak pantas/layak

Cara Memblokir Iklan Google Yang Tidak Pantas


Cara Memblokir Iklan Google Yang Tidak Pantas - Pernah membuka situs tertentu dan ternyata ada iklan yang tidak pantas. Nah bagi kamu yang sudah bergabung di Google adsense sebagai publisher maka inilah Cara Memblokir Iklan Google Yang Tidak Pantas sehingga situs kita bersih dari hal yang bertentangan dengan Agama, norma dan budaya kita.

Cara Memblokir Iklan Google

Didalam upaya memblokir iklan, ada 2 metode yang Armaila sukai yaitu memblokir iklan dari google berdasarkan url advertiser atau pengiklan dan memblokir iklan berdasarkan kategori.

Memblokir Iklan Dari Google Berdasarkan URL

Sebagai penayang, Armaila sesekali melakukan pengecekan konten konten iklan yang tayang di website Armaila.

Salah satu url yang dalam sebulan terakhir memuat konten yang tidak layak adalah pengiklan yang mengarahka konten iklannya menuju link download.desainrumahnya.com

Nama web tersebut sangat bertolak belakang dan berbeda jauh dengan konten iklan yang ditampilkan. Nah, Armaila akan memblokir subdomain sekaligus domain utamanya.

Jika subdomain memuat konten yang tidak pantas, maka sudah barang tentu induk dari web utama tersebut lebih tidak pantas lagi.

Lanjut ke cara memblokirnya dan kita menggunakan laptop untuk melanjutkan aktivitas ini.

Cara Memblokir URL Iklan Google

  • Masuk ke dashboard Google Adsense
  • Piilh menu Keamanan Merek - Konten - Kontrol pemblokiran sehingga kamu akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini:

Pastikan Anda mendapatkan iklan yang tepat untuk merek Anda

Fitur ini dapat membantu Anda memberikan pengalaman iklan terbaik di situs anda

Setelan untuk "Semua situs"

URL Pengiklan

Cegah iklan dari pengiklan tertentu

Kelola URL Pengiklan

Dengan menekan menu Kelola URL Pengiklan, kamu akan melihat jendela baru dengan informasi seperti berikut ini:

Semua situs > URL Pengiklan

Gunakan halaman ini untuk memblokir iklan yang mengarah ke URL tertentu agar tidak muncul di situs Anda dengan memasukkan URL pada kotak di bawah ini. Jangan pernah mengklik iklan untuk menemukan URL-nya, karena hal itu melanggar kebijakan program AdSense.


Masukkan URL yang ditampilkan pada iklan atau URL tujuan untuk memblokir iklan baru dan yang sudah ada. Untuk mempelajari cara menemukan URL atau memformat URL untuk memblokir iklan dari halaman yang tepat, lihat panduan kami.

Jika sudah pernah menghapus URL pengiklan maka akan tampil ikan list atau daftar url atau situs pengiklan yang sudah diblokir di halaman Kontrol pemblokiran Google Adsense ini.

Kontrol pemblokiran
Di kolom pencarian, masukkan download.desainrumahnya.com, desainrumahnya.com lalu tekan telusuri.

Memblokir URL Pengiklan di Google

Geserkan kekanan sehingga berganti dari "diizinkan" berwarna abu abu menjadi "diblokir" yang berwarna biru.

Memblokir URL Pengiklan di Google

Lakukan hal yang sama untuk semua situs pengiklan yang tidak cocok dengan norma Agama dan adat  istiadat kita.

Memblokir Iklan Google Yang Tidak Layak/Patut Bedasarkan Kategori

Untuk pilihan ini, kamu harus benar benar memikirkan tindakan ini karena langkah ini akan memblokir semua iklan yang berada di dalam kategori umum yang telah ditetapkan.

Untuk langkah memblokir iklan google berdasarkan kategori ini masih sama dengan yang sebelumnya dan tetap menggunakan laptop agar lebih mudah pengerjaan kita.

  • Masuk ke dashboard Google Adsense
  • Piilh menu Keamanan Merek - Konten - Kontrol pemblokiran sehingga kamu akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini:

Pastikan Anda mendapatkan iklan yang tepat untuk merek Anda

Fitur ini dapat membantu Anda memberikan pengalaman iklan terbaik di situs anda

Kategori umum

Blokir grup iklan yang lebih umum. Perhatikan bahwa pemblokiran ini dapat menurunkan pendapatan.

Kelola Kategori umum

Dengan mengklik "Kelola Kategori umum" maka kamu akan diarahkan ke halaman Kontrol pemblokiran - Semua situs > Kategori umum.

Dari diskusi dan menyaring informasi dari teman teman blogger. Ada beberapa kategori yang diblokir.

Opsi Pertama Kategori Yang Diblokir di Iklan Adsense

Di chatting bersama agan Yanuar, oleh beliau memberikan saran untuk memblokir iklan dengan kategori berikut ini:

  • Game
  • Perawatan Kecantikan & Pribadi
  • Keluarga & Komunitas

Opsi Kedua Kategori Yang Diblokir di Iklan Adsense

Sementara itu, dari channel "Sahabat Baritek" kategori yang diblokir agak lebih banyak dan hal tersebut juga dilakukan sebagai solusi mengatasi CPC kecil karena visitor terkena retargeting iklan.

Berikut ini adalah kategori yang diblokir:

  • Acara & Hadiah
  • Berita, Buku, & Publikasi
  • Busana
  • Keluarga & Komunitas
  • Makan & Kehidupan Malam
  • Olahraga & Kebugaran
  • Pekerjaan & Pendidikan
  • Perawatan Kecantikan & Pribadi
  • Seni & Hiburan

Seperti yang telah disinggung diatas. Perlu analisa yang lebih hati hati untuk menentukan dan mengambil sikap terkait pemblokiran iklan google adsense berdasarkan kategori ini.

Diantara yang menjadi pertimbangan adalah semakin banyak iklan diblokir maka semakin sedikit peluang iklan yang akan tampil di blog atau websitemu. Namun hal tersebut tidak akan berpengaruh jika blog merupakan satu niche.

Kategori iklan yang diblokir juga harus memperhatikan topik situs, hentikan memblokir kategori jika situsmu berkaitan dengan kategori tersebut.

Memblokir Iklan Google Yang Tidak Pantas Berdasarkan Kategori

Armaila anggap kamu sudah punya pendirian untuk kategori yang akan diblokir semisal kategori game.

Untuk mulai memblokir, silahkan geser posisi status dari diizinkan menjadi diblokir sehingga terpisah masing masing kategori yang diizinkan dan diblokir.

Kategori yang diblokir


Jika ada beberapa kategori yang digabungkan semisal kategori Hobi, Game, & Kesenangan sementara yang akan dihapus hanya bagian game maka silahkan klik kategori tersebut sampai kamu diarahkan ke halaman Pusat peninjauan iklan yang mengarah pada kagetori itu.

Klik kolom kategori tersebut sehingga rincian kategori umum akan terbuka. Selanutnya hilangkan centang pada kategori "Hobi, Game, & Kesenangan" sehingga kamu dapat memilih sub kategorinya.

Pusat peninjauan iklan
Pilih "game" lalu terapkan

Penutup

Demikianlah artikel tentang "Cara Memblokir Iklan Google Yang Tidak Pantas" semoga upaya tersebut membuahkan hasil sehingga para advertiser yang membuat konten iklan tidak pantas bisa terhempas dari dunia periklanan.

Masih menemukan iklan yang tidak pantas/layak di situs Armaila? Mohon screenshot dan kirimkan ke bagian pusat "Laporkan Iklan" untuk segera Armaila tindak lanjuti. Terima kasih



Mau donasi lewat mana?

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© ARMAILA BLOGGING. All rights reserved. Developed by Saifullah.id