Halaman Dengan Pengalihan di Google Search Console

Halaman Dengan Pengalihan: URL ini adalah pengalihan, sehingga tidak ditambahkan ke indeks.cek penyebabnya sekarang!

Ada muncul pemberitahuan "Halaman Dengan Pengalihan" di halaman Google Search Console (GSC). Lebih lanjut ada informasi tambahan "Halaman ini tidak diindeks atau ditayangkan di Google". Panik nggak? coba kita pelajari lebih lanjut ya.

Armaila meminta Validasi terkait kendala Halaman Dengan Pengalihan, saat itu ada banyak url yang terpengaruh. sekitar 3,8rb url. Lumayan banyak ya.

Halaman dengan pengalihan Halaman ini tidak diindeks atau ditayangkan di Google


validasi untuk ditinjau dan diperiksa oleh google tersebut Dimulai pada 24/08/22. Setelah menunggu sekitar seminggu tepatnya pada 31/08/22 sudah muncul dan terlihat hasilnya.

Halaman Dengan Pengalihan - Validasi Gagal

Hasil dari peninjauan yang dilakukan oleh google dinyatakan gagal! awalnya Armaila panik juga, apalgi ada informasi tambahan dengan tulisan agak berwarna abu abu 

Halaman ini tidak diindeks atau ditayangkan di Google

Mendengar kata kata 'tidak diindeks' siapa yang tidak panik. jika tidak diindeks secara otomatis tidak akan muncul digoogle atau tidak ditayangkan.

Halaman yang terpengaruh 3,8 rb Dengan Pengalihan

Tidak tanggung tanggung, ada sekitar 3800 an url yang infonya tidak diindeks karena pengalihan. salah satu urlnya adalah:

https://www.armaila.com/2021/08/bahan-bahan-bolu-pisang-kukus-takaran-sendok.html

Halaman yang terpengaruh 3,8 rb Dengan Pengalihan

dan benar saja url tersebut tidak terindeks di google seperti tampak pada gambar diatas.

Namun sesuai dengan informasi dari google bahwa halaman tidak muncul digoogle karena dialihkan. Dan benar saja, url https://www.armaila.com/2021/08/bahan-bahan-bolu-pisang-kukus-takaran-sendok.html jika dikunjungi akan beralih ke halaman yang lain tepatnya ke:

https://www.armaila.com/bahan-bahan-bolu-pisang-kukus-takaran-sendok-resep-kue-kekinian-armaila-kitchen.html

Sementara itu, jika url pengalihan tersebut dicek di google, jika memang tidak ada kendala atau masalah maka akan muncul (terindeks) seperti yang tampak pada gambar berikut ini

url pengalihan

di halaman bantuan search console, Halaman dengan pengalihan diberikan penjelasan ulang; URL ini adalah pengalihan, sehingga tidak ditambahkan ke indeks.

Penyebab Muncul 'Halaman Dengan Pengalihan'

Walaupun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karna halaman tujuan pengalihan diindeks, tetapi ada baiknya mengetahui dan menganalisa mengapa terjadi pengalihan halaman di GSC.

Migrasi Dari Blogspot Ke Wordpress

Web yang tersebut diatas adalah website utama armaila yang sebelumnya menggunakan hosting blogger lalu pindah ke self hosting di wordpress.

Sebenarnya, di wordpress juga tersedia fitur yang menyesuaikan url seperti yang ada di blog. Jika di blogspot setalah nama domain akan diikuti dengan tahun dan bulan.

Tetapi opsi yang Armaila pilih saat itu adalah membuang tahun dan bulan tersebut dan menggunakan auto direct melalui plug in yang tersedia di wordpress.

Error pengalihan Script Redirect

Pada kasus yang berbeda, Armaila pernah juga menerapkan sebuah script yang berfungsi mengalihkan user atau visitor ke halaman lain saat visitor tersebut mengarahkan kursor untuk menutup tab browser pada 18 agustus 2022 yang lalu.

BACA JUGA: Redirect Link Plugin WordPress Ke Link Shopee Affiliate

Salah satu web yang terdampak adalah web ini sendiri 'blogging.armaila.com' dengan data error dimulai dari 21 sampai 30 agustus 2022. 

Kesalahan pengalihan


Dikutip dari bantuan GSC pada 'Laporan Cakupan Indeks' berikut ini keterangan dari web tersebut.

Error pengalihan

Google mengalami salah satu error pengalihan berikut:

  • Rantai pengalihan yang terlalu panjang
  • Pengalihan balik
  • URL alihan yang pada akhirnya melebihi panjang maksimum URL
  • URL yang buruk atau kosong dalam rantai pengalihan

Gunakan alat proses debug web, seperti Lighthouse, untuk mendapatkan detail selengkapnya tentang pengalihan tersebut.

Penutup

Demikianlah sharing tentang Halaman Dengan Pengalihan di Google Search Console. Kesimpulannya, jika sebuah halaman tidak diindeks dengan alasan pengalihan, maka cek lah url tujuan pengalihan.

Jika url tersebut masih berada di situs yang sama, maka cek di google apakah terindex atau tidak.



Mau donasi lewat mana?

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
© ARMAILA BLOGGING. All rights reserved. Developed by Saifullah.id