Penyebab Halaman Tidak Diindeks

Penyebab Halaman Tidak Diindeks antara lain: Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Tidak ditemukan (404), Duplikat, tanpa ada versi..

Penyebab Halaman Tidak Diindeks

Penyebab Halaman Tidak Diindeks
- Sudah membuat beberapa artikel yang dimulai pada 19-20 september 2022 sekitar 7 artikel. Cek Pengindeksan halaman di GSC dan dan ternyata hanya terindeks 6 artikel saja di web GAYONIS.com. Lalu apa 
Penyebab Halaman Tidak Diindeks? Berikut info dari Google Search.

Penyebab halaman tidak diindeks
Halaman yang tidak diindeks tidak dapat ditayangkan di Google

Halaman yang tidak diindeks tidak dapat ditayangkan di Google. Sehingga sangat disayangkan jika artikel yang sudah dipublish tidak muncul di google. Selanjutnya berikut ini adalah penyebab tidak diindeks.

  • Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat
  • Tidak ditemukan (404)
  • Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna
  • Halaman dengan pengalihan
  • Ditemukan - saat ini tidak diindeks

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat
Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat

Halaman ini tidak diindeks atau ditayangkan di Google. Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepatHalaman ini merupakan duplikat dari halaman yang dikenali oleh Google sebagai kanonis. Halaman ini mengarah dengan benar ke halaman kanonis, yang diindeks, sehingga Anda tidak perlu melakukan apa pun.

Jika Anda memiliki satu halaman yang dapat diakses dengan beberapa URL, atau beberapa halaman dengan konten yang mirip (misalnya halaman dengan versi seluler dan desktop), Google melihatnya sebagai versi duplikat dari halaman yang sama. Google akan memilih satu URL sebagai versi kanonis dan meng-crawl-nya, serta menganggap semua URL lainnya sebagai URL duplikat dan jarang meng-crawl-nya.

Jika Anda tidak secara eksplisit menyebutkan URL mana yang kanonis, Google yang akan menentukan pilihannya, atau mungkin keduanya dianggap valid, yang berisiko menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan, seperti yang dijelaskan di Alasan Anda perlu memilih URL kanonis.

Seperti keterangan diatas, Halaman ini mengarah dengan benar ke halaman kanonis, yang diindeks, jika halaman tersebut telah diindeks yang versi kanonis maka kita tidak perlu melakukan apapun seperti yang terlihat dibawah ini sangat mengetik https://www.gayonis.com/2022/09/razer-ouroboros-driver.html di pencarian google.

tidak perlu melakukan apa pun

Biasanya tidak diindeks karena alasan tag kanonis adalah url versi mobile dengan akhiran ?m=1 misalnya. Jadi walaupun tidak terindeks kita biasa abaikan karena kanonis sudah diindeks google.

Penelusuran Anda tidak cocok dengan dokumen apa pun

Tidak ditemukan (404)
Tidak ditemukan (404)

Selanjutnya Penyebab Halaman Tidak Diindeks atau ditayangkan di Google yang kedua adalah faktor 404.

Halaman ini menampilkan error 404 saat diminta. Google menemukan URL ini tanpa ada peta situs atau permintaan eksplisit apa pun. 

Google mungkin telah menemukan URL ini sebagai link dari situs lain, atau mungkin halaman tersebut ada sebelumnya dan telah dihapus

Googlebot mungkin akan terus berupaya meng-crawl URL ini dalam jangka waktu tertentu; tidak ada cara lain untuk membuat Googlebot melupakan URL secara permanen, meskipun halaman akan lebih jarang di-crawl. 

Respons 404 tidak menjadi masalah, jika disengaja. Jika halaman Anda telah dipindahkan, gunakan pengalihan 301 ke lokasi baru. 

Seperti yang saya tandai berwarna merah, "mungkin halaman tersebut ada sebelumnya dan telah dihapus". Beberapa halaman yang tidak diindeks diatas dengan alasan 404 merupakan halaman yang pernah Armaila buat saat menggunakan wordpress.

Selanjutnya Armaila beralih dari wordpress ke blogger sehingga url halaman tersebut sudah tidak tersedia lagi. Sementara itu halaman tersebut sudah pernah diindeks oleh google.

Memperbaiki error 404

Secara umum, sebaiknya perbaiki halaman yang menampilkan error 404 saja, bukan halaman dikecualikan 404. 

Halaman yang menampilkan error 404 adalah halaman yang Anda minta secara eksplisit untuk diindeks oleh Google, tetapi tidak ditemukan, yang jelas merupakan bug. 

Halaman dikecualikan 404 adalah halaman yang ditemukan Google melalui mekanisme tertentu lainnya, seperti link dari halaman lain. Jika telah dipindahkan, halaman Anda akan menampilkan pengalihan 3XX ke halaman baru.

Secara umum, error 404 tidak akan berdampak pada performa penelusuran situs, dan Anda aman untuk mengabaikannya jika yakin bahwa URL seharusnya tidak ada di situs Anda. 

Penting untuk memastikan bahwa URL ini dan yang tidak valid lainnya menampilkan kode respons HTTP 404 yang benar, dan URL tersebut tidak diblokir oleh file robots.txt situs.

Berikut adalah cara menangani error 404:

  • Tentukan apakah error benar-benar perlu diperbaiki. Banyak (mungkin sebagian besar) Error 404 tidak perlu diperbaiki karena 404 tidak membahayakan pengindeksan atau peringkat situs Anda.
    • Jika itu adalah URL yang dikirimkan (error), sebaiknya diperbaiki.
    • Jika itu merupakan halaman yang dihapus dan tidak memiliki halaman pengganti atau yang setara, menampilkan 404 adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Laporan akan berhenti menampilkan 404 setelah sekitar satu bulan.

    • Jika itu merupakan URL buruk yang belum pernah ada di situs, Anda mungkin tidak perlu khawatir. Anda mungkin merasa terganggu saat melihatnya di laporan, tetapi Anda tidak perlu memperbaikinya, kecuali jika URL tersebut adalah link yang umumnya salah eja. Error 404 harus dihapus dari laporan setelah sekitar satu bulan.

    • Jika URL adalah kata atau URL yang umumnya salah eja atau memiliki ejaan alternatif (misalnya, example.com/flights/canceling versus example.com/flights/cancelling -- perhatikan tambahan huruf 'l' dalam kata "cancelling", atau example.com/f00 versus example.com/foo -- nol versus huruf 'o'), petakan kesalahan ejaan umum atau ejaan alternatif ke halaman yang sama di situs Anda menggunakan pengalihan atau sejumlah mekanisme lainnya.
  • Jika URL sudah dikirimkan untuk pengindeksan (dengan status Error),
    1. Periksa URL untuk melihat tempat asal URL dikirimkan dengan mengklik ikon kirim di samping URL Telusuri dan lihat informasi Discovery. Perbarui peta situs seperlunya.
    2. Jika konten dipindahkan, tambahkan pengalihan.
    3. Jika Anda telah menghapus konten secara permanen dan tidak ingin menggantinya dengan konten terkait yang lebih baru, biarkan URL lama menampilkan error 404 atau 410. Saat ini, Google memperlakukan 410 (Hilang) sama seperti 404 (Tidak ditemukan). Memunculkan kode selain 404 atau 410 untuk halaman yang tidak ada (atau mengalihkan pengguna ke halaman lain, seperti beranda, dan tidak memunculkan 404) dapat menjadi masalah. Halaman tersebut dikenal sebagai 404 ringan, dan dapat membingungkan pengguna serta mesin telusur.
    4. Jika URL tidak diketahui: Terkadang, Anda mungkin melihat error 404 untuk URL yang tidak pernah ada di situs Anda. Error ini dapat terjadi saat seseorang menjelajahi URL yang tidak ada di situs Anda, seseorang mungkin salah mengetikkan URL di browser, atau seseorang salah mengetikkan URL link. Jika ini error yang sangat umum, Anda dapat membuat pengalihan untuk error tersebut.
      Alasan lain terkait URL yang tidak terduga mungkin disebabkan oleh Googlebot yang mencoba mengikuti link dari JavaScript, file Flash, atau konten tersemat lainnya, atau yang mungkin hanya ada di peta situs. Misalnya, situs Anda dapat menggunakan kode seperti ini untuk melacak file download di Google Analytics:
      <a href="helloworld.pdf"
        onClick="_gaq.push(['_trackPageview','/download-helloworld']);">
        Hello World PDF</a>

      Saat melihat kode ini, Googlebot mungkin mencoba meng-crawl URL http://www.example.com/download-helloworld meskipun URL tersebut bukan halaman yang benar-benar ada. Dalam hal ini, link dapat muncul sebagai error 404 (Tidak Ditemukan) dalam laporan Error Crawl. Google terus berusaha mencegah jenis kesalahan perayapan ini. Error ini tidak memengaruhi crawling atau penentuan peringkat situs Anda.

  • Jangan membuat konten palsu, mengalihkan ke halaman beranda, atau menggunakan robots.txt untuk memblokir 404—semua itu akan menyulitkan Google untuk mengenali struktur situs Anda dan memprosesnya dengan benar. Gogole menyebutnya error soft 404.(Setelah berhasil meng-crawl URL, Google dapat mencoba meng-crawl URL tersebut untuk seterusnya. Menggunakan pengalihan 300 level akan menunda upaya crawling ulang, mungkin untuk waktu yang sangat lama.) Mengirimkan permintaan penghapusan URL menggunakan alat penghapusan URL tidak akan menghapus error dari laporan ini.
  • Dari uraian panjang lebar terkait 404 diatas. Armaila fokus pada nomor 2 poin C. "Jika Anda telah menghapus konten secara permanen dan tidak ingin menggantinya dengan konten terkait yang lebih baru, biarkan URL lama menampilkan error 404 atau 410"

    Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna
    Duplikat, tanpa ada versi kanonis pilihan pengguna

    Lanjut ke permasalahan ketiga Penyebab Halaman Tidak Diindeks atau ditayangkan di Google adalah karena konten duplikat tanpa ada versi kanonis.

    Halaman ini memiliki duplikat, tetapi tidak ada yang ditandai sebagai kanonis. Google merasa halaman ini bukan halaman kanonis. Anda seharusnya menandai halaman ini sebagai kanonis secara eksplisit. Dengan memeriksa URL ini, URL kanonis yang dipilih Google akan ditampilkan.

    Mengenai memilih URL kanonis artikelnya panjang banget, silahkan langsung menuju pusat penelusuran google pada artikel "Membantu Google memilih URL kanonis yang tepat untuk halaman duplikat" Anda

    Halaman dengan pengalihan
    Halaman dengan pengalihan

    Kemudian Penyebab Halaman Tidak Diindeks atau ditayangkan di Google disebabkan oleh halaman dengan pengalihan.

    Halaman dengan pengalihan memberikan informasi singkat bahwa URL ini adalah pengalihan, sehingga tidak ditambahkan ke indeks. Tidak ada hal yang bisa dilakukan berdasarkan info untuk web GAYONIS dari GSC walaupun saat dicek di google pencarian https://www.gayonis.com/ muncul.
    Namun biasanya alasan "Halaman dengang pengalihan" beda web maka berbeda detail alasannya. web blogging.armaila.com ini misalnya.

    Error pengalihan
    Error pengalihan

    Google mengalami salah satu error pengalihan berikut:
    • Rantai pengalihan yang terlalu panjang
    • Pengalihan balik
    • URL alihan yang pada akhirnya melebihi panjang maksimum URL
    • URL yang buruk atau kosong dalam rantai pengalihan
    Gunakan alat proses debug web, seperti Lighthouse, untuk mendapatkan detail selengkapnya tentang pengalihan tersebut.

    Masalahnya alat debug Lighthouse sama sekali tidak memberikan informasi yang lengkap saat dibuka link tersebut.

    Ditemukan - saat ini tidak diindeks
    Ditemukan - saat ini tidak diindeks

    Dan yang terakhir Penyebab Halaman Tidak Diindeks atau ditayangkan di Google sekaligus bagian yang paling menyebalkan saat sudah memposting artikel tetapi malah tidak muncul di pencarian google.

    Ditemukan - saat ini tidak diindeks sebagai indikasi bahwa Halaman ditemukan oleh Google, tetapi belum di-crawl. Biasanya, Google ingin meng-crawl URL, tetapi langkah ini diperkirakan akan membebani situs. Oleh karena itu, Google menjadwalkan ulang crawling. Itulah alasan tanggal crawl terakhir kosong di laporan.
    Kita akan mencoba "Mengambil data dari indeks google" dengan memeriksa url https://www.gayonis.com/2022/09/download-driver-mouse-logitech-g102-untuk-windows-macos.html , berikut ini adalah informasi yang ditampilkan untuk url yang saat ini tidak diindeks.
    URL tidak ada di Google

    URL tidak ada di Google, Halaman ini tidak diindeks. Halaman yang tidak diindeks tidak dapat ditayangkan di Google. Lihat detail di bawah untuk mengetahui penyebab halaman tidak diindeks.

    Penemuan

    Peta Situs:https://www.gayonis.com/sitemap.xml
    Halaman perujuk: Tidak ada yang terdeteksi
    Perayapan
    Crawl terakhir:T/A
    Di-crawl sebagai: T/A
    Crawl diizinkan?: T/A
    Pengambilan halaman: T/A
    Pengindeksan diizinkan?: T/A
    Penyusunan indeks:
    Kanonis yang dinyatakan pengguna: T/A
    Kanonis yang dipilih Google: T/A

    Terpampang jelas status url tersebut adalah T/A atau N/A.
    T/A: Tidak Ada
    N/A: Not Available

    Artinya tidak ada data dan informasi yang membuat artikel tersebut diindeks. Bahkan artikel tersebut tidak memiliki informasi pernah dicrawl oleh Google.
    UJI URL AKTIF


    Dengan demikian kita perlu "Minta Pengindeksan". Namun sebelum itu kita klik dulu UJI URL AKTIF.

    Pengindeksan diminta
    Pengindeksan diminta

    URL telah ditambahkan ke antrean crawl prioritas. Mengirimkan halaman beberapa kali tidak akan mengubah prioritas atau posisi antrean.

    Kita akan menunggu beberapa hari kedepan. Semoga saja setelah melakukan langkah diatas, url tersebut terindeks segera.

    Update
    Download Razer Ouroboros Driver

    Artikel ini Armaila publikasikan tadi malam 25 september 2022. Selanjutnya hari ini 26 september 2022 url https://www.gayonis.com/2022/09/razer-ouroboros-driver.html telah terindeks di google yang sebelumnya terkendala ditemukan namun saat in tidak diindeks.
    Download Razer Ouroboros Driver Windows dan Mac OS


    Disamping itu, dengan mengetik Download Razer Ouroboros Driver Windows dan Mac OS di pencarian google sudah muncul. Namun tidak muncul di Bing karena web tersebut sudah kena tendang alias penalti bing.


    Mau donasi lewat mana?

    Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo balas dengan donasi. Tekan tombol merah
    © ARMAILA BLOGGING. All rights reserved. Developed by Saifullah.id